Metro

Bentuk Posko Patroli Pohon

MAKASSAR, BKM– Hujan yang disertai angin kencang sudah mulai terasa beberapa hari terakhir di Kota Makassar. Untuk mencegah pohon tumbang karena telah dimakan usia, Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DPK) Kota Makassar membentuk posko induk untuk mengontrol kondisi pohon di Makassar.
Pelaksana Tugas (Plt) DPK Makassar, Gani Sirman mengatakan, selain mengontrol kebersihan yang difokuskan di sekitar drainase dan kanal yang ada di Makassar, dirinya juga membentuk posko induk yang dihuni oleh petugas DPK Makassar yang setiap hari melakukan patroli, mengontrol kondisi pohon yang ada di Makassar.
“Kita sudah membentuk posko induk yang dihuni oleh petugas DPK Makassar yang setiap hari melakukan patroli mengontrol kondisi pohon. Apalagi ini sudah masuk musim penghujan,” kata mantan Kadis Koperasi dan UKM, Senin (3/10).
Gani Sirman menambahkan, jika petugas DPK Makassar menemukan adanya pohon yang dinilai sudah lapuk dimakan usia dan membahayakan pengguna jalan, maka pohon tersebut akan dipangkas baik secara keseluruhan ataupun hanya ranting yang lapuk.
“Kalaupun ada pohon yang dinilai membahayakan pasti kita pangkas baik itu seluruhnya ataupun hanya rantingnya,” singkatnya.
Lebih jauh, kata Gani Sirman, pihaknya juga menyiapkan petugas yang akan siaga 24 jam.
“Petugas ini akan siaga 24 jam. Jika ada laporan dari masyarakat, misalnya pohon perindang jalan tumbang dan menutup jalan raya, bisa menghubungi Dinas DKP. Dan petugas itu akan segera melakukan tindakan,” katanya.
Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Makassar mengimbau masyarakat di Sulsel untuk mewaspadai angin puting beliung yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.
BMKG juga meminta masyarakat yang bermukim dipesisir pantai dan nelayan untuk turut berhati-hati. “Untuk masyarakat dan nelayan, kita imbau agar bisa berhati-hati terhadap potensi angin puting beliung yang bisa terjadi pada perubahan musim dari kemarau ke musim penghujan,” kata prakirawan BMKG Wilayah Makassar, Nurjannah.
Nurjannah juga memberikan masukan terhadap langkah antisipasi yang dapat dilakukan seperti merapihkan pohon-pohon yang tinggi serta rapuh, atap-atap rumah yang mudah terhempas dan berlindung ketika terjadi angin puting beliung. (arf)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top