SWK Siap Jaga Hutan Lindung Jeneponto – Berita Kota Makassar
Gojentakmapan

SWK Siap Jaga Hutan Lindung Jeneponto

BKM/KARAENG KULLE PENUTUPAN -- Dandim 1425, Letkol Rudi Sandri ketika menutup kemah bakti Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 1425 Jeneponto di Desa Loka, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, kemarin.

JENEPONTO, BKM — Desa Loka, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, menjadi ikon hutan lindung Jeneponto. Desa ini ditumbuhi pohon pinus produktif. Dimana, masyarakat mengambil getahnya sebagai mata pencaharian. Demikian diungkapkan Dandim 1425, Letkol Rudi Sandri di hadapan peserta kemah bakti Saka Wira Kartika (SWK) Kodim 1425 Jeneponto.
Sekaitan hal tersebut, Kodim akan memberikan wadah bagi Pramuka menjadi patriot bangsa yang berbakti, setia, jujur, dan kreatif. Kemah bakti tersebut diikuti 350 orang Pramuka SWK. Mereka melakukan perkemahan mulai dari Jumat, 29 September hingga Minggu, 2 Oktober 2016. ”Pramuka SWK siap menjaga hutan lindung pohon pinus di Desa Loka, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto,” jelas Rudi Sandri, saat menutup perkemahan SWK di Kampung Loka, Minggu (2/10) kemarin.
Lanjut Rudi Sandri mengatakan, peserta kemah Pramuka SWK dengan melihat secara langsung hutan lindung berupa pohon pinus yang memberikan hawa sejuk, tentu akan tergerak hatinya untuk menjaga dan melestarikannya. Sehingga tidak dirambah masyarakat untuk menanam sayur mayur dan lainnya. Karena ini tanah negara.
”Selain itu, perkemahan ini juga untuk menempa fisik dan mental anggota kemah SWK agar bisa bersatu dengan alam dalam segala macam cuaca. Baik hujan, terik matahari, dan angin adalah keadaan alam yang tidak boleh ditepis apalagi menjadi hambatan aktivitas,” pesannya.
Tapi, kata Rudi Sandri, perlu disiasati dengan memakai jaket serta perlengkapan lainnya, seperti bekal makanan yang cukup. Karena hawa dingin sangat membuat orang cepat lapar. Juga yang perlu diperhatikan dalam menjaga hutan lindung, yakni menjaga kebersihannya. ”Kalau di Makassar ada tagline Lihat Sampah Ambil (Lisa). Tapi kalau di Jeneponto saya beri tagline Cini Loro Allei (Cilla). Artinya sama lihat sampah ambil. Itulah maksud dan tujuan diadakan perkemahan ini,” jelas Rudi Sandri. (krk/mir/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top