Headline

Polimarim AMI Berpeluang Besar Raih Akreditasi A

IST PELANTIKAN-Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Hj Andi Niartiningsih memasang secara simbolis tanda kenaikan tingkat kepada salah seorang taruna Polimarim AMI Sabtu (1/10).

MAKASSAR, BKM — Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar berpeluang besar untuk mendapatkan akreditasi A (unggul) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selama ini, kampus yang dulunya bernama AMI Veteran ini menyandang akreditas B (sangat baik).
”Polimarim AMI telah melampaui Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT). Ke depan, para proses reakreditasi, nilai akreditasinya harus meningkat menjadi A,” kata Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Hj Andi Niartiningsih ketika menjadi inspektur upacara pada pelantikan taruna baru dan kenaikan tingkat taruna taruni Polimarim AMI, Sabtu (1/10).
Koordinator Kopertis yang akrab disapa Prof Niar ini, mengakui rasio sumber daya manusia (SDM) dosen Polimarim telah memenuhi syarat yang ditetapkan dalam Undang-undang Guru dan Dosen. Begitu pula dengan sarana dan fasilitas pendukungnya. Tinggal proses administrasinya yang harus diajukan.
”Dalam waktu dekat semua perguruan tinggi berakreditasi B akan dikumpulkan untuk menyampaikan rencana reakreditasi. Salah satunya yang akan diundang ke Jakarta adalah Polimarim AMI Makassar. Semoga nantinya bisa mendapatkan akreditas A,” kata Prof Niar yang juga seorang asesor di BAN-PT.
Direktur Polimarim AMI, Amrin Rani mengakui jika Koordinator Kopertis Wilayah IX selalu memberikan tantangan sekaligus motivasi kepada lembaga pendidikan yang dipimpinnya untuk melakukan perbaikan. Salah satunya adalah peningkatan akreditasi.
”Kita siap untuk melakukan reakreditasi. Semua persyaratan akan diusahakan terpenuhi. Seperti rasio dosen dan taruna, fasilitas pendukung perkuliahan, penelitian hingga sistem pembelajaran yang lebih efektif. Mudah-mudahan nantinya bisa mendapatkan akreditasi A,” kata Amrin.
Sebelumnya, kepada taruna taruni Polimarim AMI, baik yang baru masuk maupun yang naik tingkat, Prof Niar menekankan pentingnya mereka memiliki kompetensi yang mumpuni, serta kemampuan berbahasa Inggris. Hal tersebut sangat dibutuhkan di tengah persaingan saat ini.
”Semakin banyak masyarakat yang tahu tentang Polimarim AMI, semakin besar tantangan yang dihadapi. Karena itu, kepada pengelola kampus ini saya minta untuk terus memperbaiki diri. Peningkatan SDM dosen dan karyawan harus terus dilakukan. Termasuk laboratorium pendukungnya,” kata Andi Niar.
Wadir I Polimarim AMI, Capt Gusrah dalam laporannya, menyebut sebanyak 619 taruna taruni baru dilantik untuk tahun akademik 2016/2017. Mereka terdiri dari 151 pada Program Studi (Prodi) Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga, 239 Prodi Teknika dan 229 prodi Nautika. Sementara untuk yang naik dari tingkat I ke tingkat II sebanyak 715 orang, dan 750 orang dari tingkat II ke tingkat III. (rus)

loading...
Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top