Berita Kota Makassar | BI Sosialisasikan LKD
Bisnis

BI Sosialisasikan LKD

MAKASSAR, BKM — Sebanyak 150 orang pimpinan dan pengurus dari 50 pondok pesantren (Ponpes) yang ada di kota Makassar, kabupaten Maros, Pangkep, Gowa, Takalar, dan kabupaten Barru mengikuti sosialisasi Layanan Keuangan Digital (LKD). Sosialisasi yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel, turut dihadiri perwakilan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Agama Sulsel, Drs H Rappe, MPd, dan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel, Prof Arfin Hammid dan Dr Muammar Bakry Lc. MA, serta perwakilan dari perbankan penyelenggara LKD, masing-masing Bank Mandiri, BRI, dan BNI.
Direktur Eksekutif BI Perwakilan Provinsi Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, di sela-sela kegiatan yang berlangsung pada akhir pekan lalu, mengatakan, LKD ini telah diluncurkan Bank Indonesia pada tahun 2014. Tujuannya, untuk memperluas akses keuangan kepada masyarakat. LKD adalah kegiatan layanan jasa sistem pembayaran dan/atau keuangan terbatas yang dilakukan tidak melalui kantor fisik. Namun dengan menggunakan sarana teknologi, antara lain mobile based maupun web based dan jasa pihak ketiga (agen), dengan target layanan masyarakat unbanked dan underbanked.
Sebagai negara dengan 87 persen populasi beragama Islam, Indonesia memiliki pangsa pasar besar untuk perbankan syariah. Untuk itu, Bank Indonesia memandang dibutuhkannya suatu layanan yang mengacu pada prinsip syariah dan sesuai karakteristik masyarakat yang mayoritas memeluk agama Islam.
Sehubungan dengan itu, katanya, Ponpes sebagai lembaga pendidikan agama Islam yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan di Indonesia, dirasa memiliki potensi untuk dilibatkan sebagai saluran distribusi dalam memberikan akses keuangan kepada masyarakat yang mayoritas memeluk agama Islam.
Dengan jumlah santri sekitar 3,65 juta jiwa dan di Sulawesi Selatan sekitar 94 ribu santri, Ponpes dapat menjadi influencer pada santri dan sebagian masyarakat di sekitarnya. Sehingga santri maupun masyarakat tertarik untuk mengetahui layanan yang disediakan dan perlahan mulai mengenal dan mencoba bertransaksi dengan layanan keuangan tersebut. (mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top