Tiga Warga Malaysia Disuruh Antar 1 Kg Sabu ke Makassar – Berita Kota Makassar
Headline

Tiga Warga Malaysia Disuruh Antar 1 Kg Sabu ke Makassar

MAKASSAR, BKM — Tiga warga negara Malaysia yang menjadi kurir narkoba jenis sabu, dibekuk jajaran Polda Sulselbar. Mereka diamankan di dua tempat berbeda.
Yang pertama diringkus adalah Satia Seelan Supramaniam (30). Ia diciduk di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, pada Selasa (17/5) sore. Selanjutnya dibawa ke Mapolda Sulselbar untuk proses interogasi selanjutnya.
Dari hasil pemeriksaan, ternyata pria kelahiran Johor, Malaysia, 20 November 1986 ini membawa sabu seberat satu kilogram. Barang haram tersebut disimpan di dalam tas, yang kemudian dibagasikan dalam pesawat.
mayalsia narkoba”Saya yang bawa sabu seberat satu kilo itu, Pak,” akunya kepada polisi yang memeriksanya.
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulselbar, Irjen Pol Anton Charliyan, kemarin menginformasikan tentang penangkapan warga negara Malaysia ini dalam kasus sabu.
”Iya, memang ada warga asing asal Malaysia yang diamankan bersama barang bukti berupa sabu seberat 1 kilogram,” kata Anton.
Sebenarnya, menurut pengakuan Kapolda, pihaknya belum ingin merilis kasus ini ke publik. Alasannya, pihaknya masih melakukan pengembangan terhadap pelaku yang diduga memiliki jaringan di daerah ini. Termasuk barang buktinya, yang kemungkinannya masih ada sebagian disembunyikan.
Anton dalam penjelasannya mengurai kronologis penangkapan Satia Seelan. Saat itu pelaku baru saja turun dari pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan AK 330 yang ditumpanginya. Ia kemudian menuju pintu 9 kedatangan internasional di Bandara Sultan Hasanuddin. Disini, seluruh penumpang harus melewati pemeriksaan oleh petugas imigrasi dan beacukai.
”Saat diperiksa sekitar pukul 18.10 Wita, pelaku diarahkan untuk melewati alat x-ray milik beacukai. Karena gerak geriknya mencurigakan, petugas beacukai meminta agar pelaku meletakkan barang bagasinya di x-ray. Alat ini mendeteksi terdapat barang mencurigakan di dalam tas milik pelaku,” jelas Anton.
Selanjutnya petugas beacukai melakukan pemeriksaan secara manual terhadap bawang bawaan milik pelaku. Hasilnya, ditemukan barang yang diduga narkotika jenis sabu-sabu. Oleh petugas Beacukai, Satia Seelan kemudian dibawa ke ruang pemeriksaan.
‘”Dari hasil pemeriksaan, diperoleh Informasi bahwa pelaku datang ke Makassar bertindak sebagai kurir pengiriman narkotika,” tambahnya.
Setelah dilakukan pemeriksaan tahap awal, pukul 21.44 Wita, pelaku kemudian diserahterimakan dari pihak Beacukai kepada Polda Sulselbar, yang diterima oleh Kompol H Abidin untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.
“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. Dari tangan tersangka diamankan paket sabu-sabu seberat 1 kilogram,” terang Anton.
Saat diinterogasi, tersangka mengaku dirinya disuruh oleh seseorang di Malaysia untuk mengantar sabu seberat 1 kg tersebut sampai di Makassar. Rencananya, setiba di Makassar serbuk bening itu akan dijemput oleh pemesannya.
Setelah menangkap Satia Seelan, polisi kemudian melakukan pengembangan. Dua orang warga negara asing berpaspor Malaysia lainnya berhasil diamankan di Kota Parepare.
Kalai Selvan Sivanasan (30) dan Thamordaran Ravagan (26) ditangkap aparat Polres Parepare saat berada di kamar 203 lantai dua Hotel Pariwisata, Jalan Sulawesi, Kota Parepare, Rabu (18/5). Penangkapan dipimpin langsung Kapolres Parepare, AKBP Alan G Abast didampingi Kasat Reskrim, AKP Ario Damar bersama Tim Buser Polres Parepare.
”Dari pengakuan kedua tersangka, mereka terlibat dalam penyelundupan sabu yang diungkap di Bandara Sultan Hasanuddin. Penangkapan keduanya dilakukan berdasarkan koordinasi dari Kasubdit Narkoba Polda Sulselbar,” jelas Alan.
Ketika polisi melakukan penggeledahan dalam kamar 203 yang ditempati keduanya, tidak ditemukan barang bukti narkoba. ”Kita masih melakukan pengembangan. Diduga keduanya merupakan sindikat peredaran narkoba internasional,” terang Alan lagi.
Sambil menunggu dijemput petugas dari Subdit Narkoba Polda Sulselbar, kedua WNA asal Malaysia itu terlebih dahulu diamankan di Mapolres Parepare. (ish-smr/rus/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top