RAMZAH THABRAMAN
Gojentakmapan

DBD dan Diare Mulai Mewabah

GOWA, BKM — Musim hujan tak hanya menimbulkan genangan air disejumlah wilayah, namun kini mulai berdampak pada gangguan kesehatan masyarakat. Di awal tahun 2016 tercatat jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) serta diare mulai meningkat.
Data yang dihimpun BKM di Rumah Sakit Umum (RSU) Syekh Yusuf Gowa, tercatat sejak Januari 2016 jumlah pasien gejala DBD telah mencapai 14 orang. Sementara kasus diare sebanyak 21 pasien. Pasien diare didominasi anak-anak, yakni 12 orang usia 1 tahun, 8 orang usia 2 hingga 4 tahun dan 1 orang usia 5 tahun.
Direktur RSU Syekh Yusuf Gowa, dr H Salahuddin membenarkan data tersebut. Lebih jauh dia memamaparkan, bahwa dari total 14 pasien yang dirawat, 11diantaranya dinyatakan positif, 3 orang lagi status suspect atau tersangka.
“Untuk Januari kita merawat 21 pasien diaer dan 14 pasien DBD. Pasien ini sebagian besar masih anak-anak. Namun 8 pasien anak laki-laki diantaranya sudah pulang karena kondisinya sudah membaik. Sedangkan 6 pasien wanita dewasa lainnya masih dirawat,” jelas dr H Salahuddin.
Menurut dr H Salahauddin, potensi DBD dan diare mewabah pada bulan-bulan awal musim penghujan. Pihaknya juga tetap memaksimalkan penanganan medis, meski nantinya terjadi peningkatan jumlah pasien.
“Tapi intinya masyarakat harus memperhatikan dan serius menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Pola 3M, yakni Menguras, Menutup dan Menimbun benda-benda yang bisa menjadi wadah air hujan dan memungkinkan menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk aedes aegifty bisa dilakukan,” jelas dr H Salahuddin. (sar-ril/b).

Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top