Pilihan Redaktur

Samsu Niang Prihatin Kondisi Pesantren di Leang-leang Maros


MAKASSAR, BKM–Anggota Komisi VIII DPR RI, Samsu Niang, menggelar reses di sembilan kabupaten sejak 9 hingga 16 Juli lalu. Reses didaerah yang masuk dalam daerah pemilihan (dapil) Sulsel II yakni Maros, Pangkep, Barru, Wajo, Soppeng, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Kota Parepare.
Pada pelaksanaan reses masa siding IV tahun sidang 2014-2015 ini, Samsu Niang melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan sejumlah komponen masyarakat lainnya. Samsu Niang juga mengunjungi sejumalah lembaga pendidikan, seperti pondok pesantren yang ada di Dapil Sulsel II.
Salah satunya yakni Pondok Pesantren Man Baul Ulum Tompobalang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. Pesantren yang terletak di Leang-leang ini disambangi pada hari kedua yakni 9 Juli. Samsu Niang yang juga anggota fraksi PDIP DPR RI ini mengaku, sangat prihatin dengan kondisi pesantren yang telah berusia puluhan tahun. “Kondisi Pesantren Man Baul Ulum di Leang-leang ini sangat memprihatinkan. Ruang belajar dan asrama santri sangat tidak layak. Sangat dan sangat tidak layak,”ujarnya.
Dijelaskan, kondisi ruangan kelas atau ruangan belajar santri jauh dari kelayakan. Selain jumlahnya yang kurang, bangku dan kursi belajar santri banyak yang rusak. “Bagaimana santri  mau belajar dengan baik kalau begini keadaannya. Kondisi ruang belajar harus memadai. Tidak boleh seperti ini, harus ada perubahan,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD Makassar ini.
Sementara untuk asrama santri, kondisinya lebih memprihatinkan lagi. Tempat tidur para santi yang kebanyakan berasal dari luar Maros ini sangat tidak layak. “Tempat tidurnya saya lihat ada.  Hanya beralaskan papan yang sudah banyak rusak. Kalau pun ada kasurnya, sudah tidak memadai untuk dipakai. Pokoknya memprihatinkan,” ujarnya.
Salah seorang Pembina Pesantren, Ustadz Musyawwir, menjelaskan, saat ini pihaknya membina lebih dari 300 santri. “Mereka berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari Timor Leste, Papua, Sulbar dan daerah lainnya di Sulsel. Semuanya gratis, baik iuran sekolah maupun kebutuhan makan minumnya,” ujar Musyawwir.
Musyawwir pun meminta kepada siapa saja untuk memberikan bantuan bagi pengembangan pesantren ini. “Kalau ada yang bisa membantu untuk perbaikan pondok pesantren ini, kami bersyukur dan terima kasih. Kami di sini menerima siapa saja yang datang mau belajar,” ujar Musyawwir didampingi sejumlah Pembina Ponpes lainnya.
Kondisi ini membuat Syamsu Niang tergugah dan berjanji akan membantu memperjuangkan perbaikan asrama dan ruang kelas. “Insya Allah, saya akan berusaha untuk membantu perbaikan pondok ini, baik ruang kelas maupun asramanya,”ujar Samsu Niang.
Samsu Niang juga langsung memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 5 juta. “Ini bantuan ala kadarnya dulu. Untuk perbaikan asrama dan ruang belajar, Insya Allah, saya akan mengusahakan secepatnya. Saya akan berkoordinasi dengan Kementerian Agama. Ponpes ini harus dibantu secepatnya,”pungkasnya. (rif)

——————–

RAP: Paket Basli-Gani Berpotensi Menang

MAKASSAR, BKM–Politisi Partai Gerindra Selayar, Basli Ali berpeluang berpasangan dengan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Abd Gani di Pemiluakda 9 Desember nanti. Bilamana keduanya berpaket, diprediksi jaringan dan pendukungnya semakin bertambah. “Jika keduanya berpaket, maka potensi pasangan ini semakin kuat. Hal ini tergambarkan dari hasil survei lembaga Riset Analisis Publik (RAP) terbaru di bulan juli 2015,”ujar  Direktur RAP Adi Irawan, Senin (20/7).
Menurut Adi, survei RAP terkait elektabilitas balon Bupati Selayar, tertinggi ditempati menantu Bupati Aji Sumarno yakni 18,3 persen, disusul wakil bupati Saiful Arif yakni 16,4 persen. Posisi ketiga ditempati Basli Ali dengan 15,2 persen, sementara Ince Langke yakni 13,7 persen dan Abd Gani 9,3 persen.
Adapun, Zainuddin berada pada 3,6 persen, Darwin Rasyid Tiro 2,3 persen, Ariadi Arsal 1,4 persen, Nusra Azis 0,72 persen, sementara tidak menjawab atau rahasia masih mencapai 19,08 persen.
Menurut Adi, jika Basli Ali berpaket dengan Abd Gani kans menang paling besar dari pada menantu bupati Aji Sumarno, Saiful dan Ince Langke.
Survei RAP di laksanakan dari tgl 3 hingga 15 Juli mengunakan responden sebanyak 440 orang, wawancara tatap muka menggunakan kusuener. Survei ini menggunakan metodelogi multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 5 persen. (rif)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
To Top