Bisnis

Tonasa Revisi Target Produksi

MAKASSAR, BKM — Pergerakan ekonomi yang menurun membuat PT Semen Tonasa (persero) merevisi target produksinya. Jika pada awal tahun 2015 lalu Tonasa menargetkan produksinya sebesar 7 juta ton, dan pada pertengahan tahun ini target tersebut direvisi menjadi 6,7 juta ton.
”Seluruh target yang awalnya diharapkan meningkat, dilakukan revisi. Apalagi terjadi penurunan disemua sektor sekitar 38 persen. Hal itu dipengaruhi belum adanya pembangunan secara signifikan. Kami berharap, pada semester dua ini ada perubahan. Kami memprediksikan, penjualan semen akan kembali bergairah mulai Agustus mendatang,” kata Direktur Utama PT Semen Tonasa, Ir H Unggul Attas, MBA di Hotel Grand Clarion, Jumat pekan lalu.
Direktur Komersial PT Semen Tonasa, Tri Abdisatrijo memaparkan, dari sisi permintaan semen secara nasional mengalami penurunan sampai Juni sekitar 3,3 persen. Khusus di Kawasan Timur Indonesia (KTI) terjadi penurunan permintaan sekitar 3 persen. ”Permintaan menurun dipengaruhi perlambatan ekonomi dan pembangunan yang belum jalan. Dan kondisi ini diluar perkiraan,” paparnya.
Untuk mendorong peningkatan permintaan terus dilakukan perkuatan pasar, dengan membina chanel distribusi demi mempelajari keinginan pasar. Tri menjelaskan, sampai Juni pertumbuhan permintaan hanya tumbuh 0,2 persen, dengan posisi market share 39,2 persen dari sebelumnya 28,8 persen.
”Sudah dilakukan revisi rencana kerja perusahaan. Penerapannya dimulai setelah lebaran atau pada Agustus mendatang,” katanya.
Sehari sebelumnya, Unggul Attas memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para pensiunan PT Semen Tonasa di acara buka puasa bersama pimpinan dan karyawan bersama para pensiunan PT Semen Tonasa di Hotel Clarion, Kamis (9/7). Pembagian THR tersebut dimaksudkan untuk mempererat silaturahmi denga para pensiunan.
”Alhamdulillah kita diberikan umur panjang sehingga kita bisa bersama lagi. Kita diberi kesempatan untuk berbuka puasa bersama. Acara ini juga dirangkaikan dengan pembagian THR untuk pensiunan. Ini merupakan ajang menjalin silaturahmi antar karyawan bersama pensiunan PT Semen Tonasa dengan alumni PT Semen Tonasa,” ujar Unggul Attas seraya menambahkan, pihaknya juga akan memberikan fasilitas BPJS kesehatan kepada para pensiunan. (mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top