Headline

Sejak Kecil Hobi Koleksi Kitab-kitab

PRESTASI – Dien Zulfikar tidak hanya jago menghafal Alquran, tetapi juga memiliki banyak prestasi di bidang lain.

Dien Zulfikri Hidayat, Hafiz dengan Segudang Prestasi (1)

Kesibukan Dien Zulfikri Hidayat dalam menjalani pendidikan formal serta non formal tak pernah menyurutkan tekadnya untuk bisa menjadi penghafal Alquran. Atas kegigihan serta disiplin yang dia terapkan, Fikri akhirnya mampu menghafal 20 juz Alquran dalam tempo cukup singkat.

Laporan: Arditha Anggraeni

Pria kelahiran Makassar 29 Mei tahun 2000 silam ini, telah menoreh segudang prestasi. Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Fikri telah menyabet juara 1 sempoa tingkat Kota Makassar pada tahun 2008. Dia juga menjuarai lomba Cerdas Cermat. Masuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP), Fikri pun mulai tekun belajar manghafal Alquran.
“Niatnya untuk menghafal Alquran sudah dari kecil, cuman baru dapat tempat bagus di sini (Buq’atun Mubarakah),” kata Fikri.
Prestasi demi prestasi diukir Fikri. Tak lama berselang, dia meraih juara 1 Lomba Kaligrafi se Makassar tahun 2014 dan 2015. Selanjutya, dia juara 1 Karaeng Camp antar sekolah, kemudian juara harapan 1 Lomba Jurnalistik tingkat kota Makassar. Dia juga mengikuti lomba hafalan 5 dan 10 juz.
“Susahnya menghafal adalah karena cepat hilang. Makanya saya selalu istiqomah dan mengulang-ulang terus. Untung ada Ustad pesantren yang terus mengingatkan dan membantu agar hafalan saya tidak gampang hilang,” katanya.
Anak dari pasangan H Rahma dan Syamsuddin ini selalu giat untuk mencapai prestasinya baik itu di dalam sekolah dan di luar sekolah, Fikri memiliki banyak kitab-kitab. Pemuda ini rajin membaca, mengoleksi buku, mengkaji kitab. Ketika duduk di kelas 4 SD sampai selesai duduk di kelas SMP, Fikri sering mengkaji khusus kitab-kitab sendiri.
Fikri sangat fasih menjelaskan ajaran tentang Trinitas, lengkap dengan ayat-ayatnya. Sekarang, ia menjadi penghafal Alquran. Tiga tahun terakhir dia fokus mengkaji Alqur’an. Hafalannya sekarang sudah 20 juz.
“Sekarang prinsipnya tenangkan hati dan pikiran dan perdalam ilmu apa saja dan harus mencintai Alquran, semuanya pasti akan gampang dilalui,” tuturnya. (b)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top