Kriminal

Saksi Kuatkan Dakwaan Jaksa

MAKASSAR,BKM — Sidang kasus dugaan pencemaran nama baik yang mendudukkan terdakwa Amal Sakti dan Nurlili kembali bergulir di Pengadilan Negeri Makassar, Senin (13/7).
Dalam sidang kali ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Christian menghadirkan saksi baru, yakni seorang wartawan berinisial AS. Christian mengaku, keterangan saksi yang dihadirkan menguatkan dakwaannya terhadap terdakwa. Christian menjerat terdakwa dengan pasal 310 junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP tentang penghinaan dan pencemaran nama baik terhadap kedua terdakwa.
“Kedua terdakwa dinilai terbukti dan meyakinkan telah melakukan pencemaran nama baik, ” kata Christian, Senin (13/7).
Saat memberikan kesaksian, yetang Chriayian, AS selaku penanggung jawab halaman satu koran Sindo pada waktu itu menjelaskan bahwa sebelumnya pada 15 September 2014 lalu, mantan pimpinan FAJAR (ST) berkomunikasi dengan pimpinan Koran Sindo (MA).
Dan ST mengirimkan rilis ke MA.
“Dari situlah muncul berita. Selang beberapa hari, Amal Sakti (terdakwa) kirim lagi pernyataan sikap ke email AS dengan nama alamat email Indah Syamsuddin. Tapi waktu itu tidak dimuat banyak. Hanya sedikit karena isinya sama denga email pertama.
Besoknya, komplain Dirut PT Tiga Dara Perkasa dan membuat hak jawab dan dimuat sekitar tanggal 17 September, ” terang Christian mengutip kesaksian AS.
Sementara saksi dari PLN, Rahmatan mengaku, awalnya kasus ini perusahaan Nurlili dijadikan calon pemenang kemudian disanggah oleh pihak PT Tiga Dara Perkasa. Hingga muncul reaksi unjuk rasa di depan Kantor PLN Hertasning.
“Tapi saya tidak lihat soal tulisan spanduk yang diduga sebagai pencemaran nama baik. Saat demo pertama, memang Amal Sakti dan Nurlili dipanggil sama Humas PLN. Setelah disanggah ada pembatalan pemenang, sampai sekarang proyek tidak berjalan, ” ucapnya di depan Majelis Hakim yang diketuai Andi Cakra Alam.
Kasus pencemaran nama baik yang dilakukan Ketua Kontraktor Muda Sulsel, Amal Sakti terhadap Asbullah, akan digelar sidang lanjutan dengan agenda pemeriksaan saksi pad 27 Juli mendatang. (ucu-ril/c).

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top