Bisnis

BPJS Kesehatan Dirikan Posko Gratis

MAKASSAR, BKM — Kabar gembira bagi para pemudik. BPJS Kesehatan Cabang Makassar mendirikan posko kesehatan gratis di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar. Hadirnya posko ini sebagai layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang akan pulang kampung pada musim lebaran mulai Senin 13 Juli hingga Kamis 16 Juli mendatang.
Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Taufik Hidayat, mengatakan, program posko kesehatan BPJS Kesehatan ini serentak dilaksanakan di tiga pelabuhan dan dua terminal besar, yaitu Pelabuhan Merak (Banten), Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar), Pelabuhan Gilimanuk (Bali), Terminal Kampung Rambutan (Jakarta), dan Terminal Bungurasih (Surabaya).
Posko kesehatan yang beroperasi selama 24 jam ini, kata Taufik, melayani konsultasi kesehatan pemudik, fasilitas istirahat atau relaksasi, pemeriksaan kesehatan sederhana, obat-obatan, hingga pemberian rujukan jika diperlukan. ”Ini sebagai wujud pengabdian dan kepedulian BPJS Kesehatan kepada masyarakat untuk memperoleh akses layanan kesehatan secara cuma-cuma sehingga masyarakat pemudik tak perlu sungkan memanfaatkan keberadaannya,” ujarnya saat memantau operasional layanan posko kesehatan di pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, kemarin.
Posko tersebut diisi dokter, paramedis, lengkap dengan fasilitas ambulance, dan petugas BPJS Kesehatan. ”Melalui pokso itu dilakukan pemeriksaan kondisi kesehatan pemudik sebelum melanjutkan perjalanan, pemberian obat, tindakan sederhana yang bersifat emergency, dan pemberian rujukan bilamana sangat diperlukan, serta sosialisasi kepada masyarakat,” tambahnya.
Untuk memastikan kegiatan berjalan lancar, BPJS Kesehatan juga menggandeng Dinas Kesehatan Kota Makassar, Dinas Perhubungan, PT Pelindo, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) setempat, dan pihak terkait lainnya. Taufik meyakinkan, ambulance yang disediakan dalam posisi stanby di lokasi guna mengantisipasi pemudik yang mengalami kondisi emergency dan harus segera dilarikan ke rumah sakit. (mir)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top