Metro

Seniman Aborigin Kunjungi Makassar

Makassar, BKM– Seniman Aborigin Australia, Ronald Nawurapu Wunungmurra (Nawurapu) mengunjungi Kota Makassar, Kamis (9/7), bertepatan dengan perayaan Pekan NAIDOC (National Aboriginal and Islanders’ Day Observance Committee atau Komite Hari Peringatan Aborigin dan Penduduk Kepulauan) 2015. Kunjungan ini juga untuk mengingat hubungan nenek moyang antara Makassar dan masyarakat Yol?u dari Australia Utara.
Public Realition Perwakilan Kedutaan Australia, Kusumawardhani Anindita mengatakan, seluruh rakyat Australia merayakan Pekan NAIDOC setiap Juli untuk merayakan sejarah, kebudayaan dan prestasi warga Aborigin dan penduduk Kepulauan Selat Torres. “Tema tahun ini adalah “Kita Semua Berdiri di Tanah yang Suci Belajar, Hormati dan Rayakan”. Ini menyoroti hubungan spiritual dan budaya warga Aborigin dan penduduk Kepulauan Selat Torres yang kuat dengan tanah dan laut,”katanya.
Selain ke Kota Makassar, Nawurapu juga mengunjungi Jakarta untuk menghadiri hibah batik Yirrkala ke Museum Tekstil kemarin, kemitraan antara Pusat Kesenian Yirrkala di Bumi Arnhem Timur Laut dan bisnis pembuatan-batik tradisional di Pekalongan, Jawa Tengah. Batik itu dibuat berdasarkan lukisan kulit pohon oleh Nawurapu yang menunjukkan hubungan antara masyarakat Makassar dan Yol?u. Rancang segitiga pada batik melambangkan layar merah terkembang’ para pedagang Makassar.
Nawurapu akan berada di Makassar sampai 10 Juli. Hari ini ia akan memimpin diskusi seniman “Seni dan Penduduk Asli” yang didukung oleh Rumah Budaya Rumata. Kemarin, ia juga mengunjungi Port Paotere, Fort Somba Oou dan Museum I La Galigo dalam rangka mencari hubungan nenek moyang antara suku Bugis Makassar dan masyarakat Yol?u dari Yirrkala, Bumi Arnhem Timur Laut dan Australia Utara.
Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson berharap, hibah batik dan lokakarya tersebut akan memperdalam hubungan antar-warga Australia dan Indonesia serta memupuk pemahaman yang lebih besar tentang penduduk dan kebudayaan Aborigin dan Kepulauan Selat Torres.(ita/war/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top