Metro

Sekwan Usul Mobdin Baru


MAKASSAR, BKM– Unsur pimpinan DPRD Kota Makassar, ketua dan tiga wakil ketua serta 25 pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan bakal tersenyum lebar. Pasalnya, Sekretaris Dewan (Sekwan) berencana akan mengusulkan pengadaan mobil dinas (mobdin) baru untuk mereka.
Sekretaris Dewan, Adwi Umar, saat dikonfirmasi, Kamis (9/7) mengatakan, regulasi saat ini memang memasukkan usulan pengadaan mobil dinas untuk seluruh unsur pimpinan dewan, termasuk ketua dan tiga wakil ketua.
“Itu sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Sebab masa operasional kendaraan yang digunakan unsur pimpinan dewan sudah berjalan di atas lima tahun, dan sepantasnya di dum atau dipindahtangankan ke unsur pimpinan lain,” ungkapnya kepada BKM di ruang kerjanya.
Namun, tambah Adwi, kepastian terkait pengadaan mobil dinas baru masih akan dirapatkan. Tetapi ia tak menampik, jika beberapa mobil dinas peninggalan legislator yang lama sebagian besar sudah dalam kondisi rusak.
“Memang fasilitas mobil baru untuk unsur pimpinan dewan dan alat kelengkapan dewan ada. Setelah dirapatkan, apakah tetap menggunakan mobil baru atau pakai yang lama saja,” tegasnya.
Soal penganggaran pengadaan mobdin tersebut, Adwi mengaku jika sebelumnya pihaknya juga telah menganggarkan dana pengadaan mobil dinas baru untuk empat unsur pimpinan DPRD Kota Makassar periode 2014-2019 senilai Rp1,1 miliar.
Selain bergelimang fasilitas mewah, biaya perjalanan para legislator nantinya juga tetap ditanggung oleh APBD. Termasuk untuk bensin kendaraan yang setiap hari mendapatkan jatah sebanyak 20 liter bensin.
Meski demikian, Adwi membantah jika seluruh fasilitas tersebut hanya untuk unsur pimpinan komisi dan badan saja, namun seluruh anggota komisi dan badan juga bisa menikmati fasilitas mobil untuk menunjang kinerja dewan.
Menyikapi rencana pengadaan mobdin tersebut, Ketua DPRD Makassar, Farouk M Betta mengatakan, sangat naif jika hak-hak protokoler unsur pimpinan tidak diakomodir oleh Sekwan.
“Sangat tidak pantas rasanya jika hak-hak yang diatur oleh undang-undang untuk wakil rakyat tidak diberikan. Dan tidak ada juga dalam sejarah pengadaan mobil dinas anggota dewan dianggarkan di APBD Perubahan, jadi item-item itu semua sudah benar jika terprogres di APBD Pokok 2015,”ucapnya.(ita/b)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top