Metro

Pemkot Cabut Izin Operasional Litha


MAKASSAR, BKM–Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akhirnya mengambil tindakan tegas dengan mencabut izin operasional tiga Perusahaan Otobus (PO). Tiga izin PO yang dicabut yakni Po Litha, Bintang Prima dan Ariang Trans.
Pencabutan izin ketiga PO tersebut tertuang pada SK Wali Kota Nomor 1437/551.1/kep VII/2015 tentang larangan menaikkan dan atau menurunkan penumpang dan/atau barang di pool perusahaan otobus dan atau diluar terminal Makassar Metro, Kota Makassar.
Adapun dasar pemcabutan izin sesuai rekomendaksi yang dikeluarkan Dishub Kota Makassar yakni surat rekomendasi dishub No.550/1175/dishub/IX/2013 tertanggal 30 September 2013 Po Litha dan Co, rekomendasi No.551/542/kep/dishub/V/2013 tanggal 6 Mei 2013 PO Bintang Prima dan rekomendasi No 550/87/dishub/I/2014 tanggal 27 januari 2014 PO PT Ariang Trans.
Pencabutan rekomendasi dishub ini akan ditindaklanjuti dan diawasi ketat agar pelaku usaha atau PO tetap mengikuti aturan yang berlaku.
Dan apabila pihak PO tidak mengindahkan keputusan ini maka akan dikenakan sanksi yang telah ditetapkan.
Menyikapi pencabutan itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Kamis (9/10) mengaku, SK itu diterbitkan pada awal Juli lalu. Sedangkan terkait pelanggaran ketiga PO diserahkan sepenuhnya ke Dinas Perhubungan Kota Makassar dan PD Terminal Makassar Metro (TMM) sendiri.
“Pengawasan dan penertiban terhadap yang melanggar dengan berkoordinasi dengan aparat polisi,” kata Danny sapaan akrabnya.
Sementara itu, Dirut PD Terminal Metro Makassar, Hakim Syahrani yang dikonfirmasi terkait pencabutan izin tersebut disambut baik. Menurutnya, pencabutan izin ketiga PO akan berdampak positif pada kelancaran operasi arus penumpang di terminal.
“Apalagi momen saat ini, arus penumpang yang mudik meski mendapat pelayanan, kenyamanan dan keamanan. Pihak PO mesti mengikuti aturan. Sekaitan dengan pencabutan izin PO diharapkan ditindaklanjuti melalui pengawasan pihak terkait ,”katanya. (ucu/war/c)


www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Comments

Social Media

Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Berita Kota dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top