Metro

9.427 Warga Miskin Terima Bantuan

MAKASSAR, BKM — Sebanyak 9.427 rumah tangga sangat miskin (RTSM) menerima bantuan sosial melalui program keluarga harapan (PKH) di kantor Cabang PT. Pos Makassar Jalan Slamet Riadi, sejak Rabu (8/7), lalu.
Jumlah yang diterima setiap RTSM bervariasi, mulai dari Rp1,8 juta hingga Rp 2,5 juta. Pemberian bantuan tersebut disesuaikan dengan besarnya tanggungan masing-masing keluarga.
Dana untuk setiap tanggungan pun berbeda-beda. Untuk balita sebesar Rp50 ribu, SD sebanyak Rp.111.250, SMP senilai Rp.187.500 dan SMA sebesar Rp.250 ribu.
Jadi total bantuan kementrian sosial tahap kedua tersebut sebesar Rp8,7 miliar dan menarget sebanyak seribu keluarga.
Bukan hanya sampai disitu, RTSM kembali akan menerima pada triwulan ketiga yakni bulan juli mendatang. Pencarian pun akan dilakukan serentak di 12 kantor Pos Indonesia se Kota Makassar.
Kepala PT Pos Regional X Sulawesi dan Maluku, Rahmat Eka Haryanto mengatakan bahwa untuk pencairan triwulan kedua terdapat peningkatan jumlah penerima sebanyak 500 dari triwulan pertama yakni bulan Januari hingga April. Sebelumnya, pencairan hanya sebesar Rp3,3 Miliar.
“Tahap ke dua ini ada penambahan sekitar 500 penerima termasuk untuk anak sekolah dan yang menjadi tanggungan keluarga,” Kata Rahmat.
Untuk menerima bantuan tersebut, masyarakat harus mermenuhi kriteria yang telah ditentukan yakni keluarga sangat miskin yang terdata menurut BPS yang dibuktikan dengan kartu keanggotaan PKH serta mengikuti syarat-syarat lainnya.
Salah satu syarat dan komitmen yang harus dipenuhi yakni apabila si penerima bantuan tidak memeriksa diri ke Puskeamas saat hamil atau pun sakit maka akan dikurangi sebesar 10 persen dan apabila komitmen tersebut dilanggar selama kurun waktu 6 bulan maka akan dikeluarkan dari keanggotaan sehingga hak untuk menerima dana tersebut secara otomatis dicabut.
Sementara itu, Wali kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyatakan tekad dan komitmennya untuk terus mengawal program yang sangat membantu masyarakat terutama di bulan puasa dan menjelang lebaran.
“Saya akan mengawal dan memperkuat program ini agar terus berlanjut. Ini sejalan dengan misi kita yang pertama merekontruksi nasib rakyat menuju masyarakat sejahtera berstandar dunia,” ucap Danny saat menyerahkan bantuan sosial tersebut secara simbolis.
Danny juga berharap agar bantuan tersebut digunakan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan yang paling mendesak. Selain itu, mantan arsitek tersbut juga mengimbau kepada warga agar senantiasa tertib dan tidak saling berebutan.(man/war/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top