Metro

2.345 Personel Siap Amankan Lebaran

MAKASSAR, BKM — Sebanyak 2.345 personil kepolisian akan diterjunkan kelapangan untuk mengamankan perayaan lebaran Idul Fitri 1436 hijriah pertengahan bulan ini.
Pengamanan tersebut di mulai H-7 sampai H+7 pascalebaran.
Selain personel kepolisian, ribuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga diturunkan untuk bergabung dalam operasi ketupat tersebut. Termasuk personel gabungan dari unsur Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
Secara teknis, akan dibentuk pos-pos pengamanan ditempat yang dianggap rawan dan ditempat keramaian seperti pusat perbelanjaan. Bukan hanya itu, sejumlah tempat hiburan dan objek wisata juga masuk dalam daftar pengamanan.
Pos pelayanan masyarakat juga dibentuk berasamaan dengan pos pengamanan.
Di kota Makassar sendiri, terdapat 12 posko pengamanan yang terletak dititik rawan dan memungkinkan terjadinya kumpulan orang dalam jumlah besar.
Hal tersebut dikatakan, Kapolda Sulsel, Anton Setiadji saat memimpin apel gelar pasukan ops ketupat di lapangan karebosi, Kamis (9/7).
Anton menambahkan bahwa pihaknya memfokuskan penjagaan disejumlah pos pengamanan dan pos pelayanan.
” Kita fokus pada penjagaan di pos pengamanan dan pos pelayanan. Khusus di kota Makassar, posko pengamanan ini tersebar di 12 titik rawan, Pemilihan lokasi pendirian pos karena di tempat tersebut memungkinkan terjadinya kumpulan orang dalam jumlah besar. Petugas pun yang ditempatkan di pos-pos akan bekerja secara bergantian termasuk berkolaborasi dengan petugas dari instansi lain,” tegas Anton.
Jenderal berbintang dua ini menambahkan, pengamanan yang dimaksud yakni pengamanan lalu lintas, mengantisipasi tawuran, aksi kenakalan remaja, pencurian dan lain-lain, termasuk fokus ke pusat keramaian.
Anton juga meminta agar warga ingin mudik ke kampung halamannya agar melaopor ke pihak kepolisian. Laporan tersebut sangat penting agar polisi bisa melakukan pemantauan secara khusus pada rumah-rumah warga yang kosong ditinggal penghuninya.
Dia mengaku pihak kepolisian telah menyediakan tim khusus untuk melakukan patroli di sejumlah perumahan. Namun jika tidak ada laporan yang masuk maka pihak tidak bisa melakukan pengawasan khusus.
Selain itu, dirinya juga meminta agar warga memastikan kondisi rumahnya benar-benar aman sebelum mudik. Bukan hanya aman dari pencurian tetapi aman dari kebakaran sehingga warga mesti membuka semua sambungan listrik pada alat-alat ektetronik, untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.
Sementara itu, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Ferry Abraham bersama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto yang ikut dalam gelar pasukan ops ketupat mengemukakan, jumlah personel pengamanan dalam operasi ketupat sejajaran Polrestabes Makassar berjumlah 195 anggota dan sebanyak 78 personel dari TNI. Pihaknya akan membagi 13 pos, dan lima pos pengamanan, serta delapan pos pelayanan.(jul-man/war/c)

Comments

Copyright © 2017 Berita Kota Makassar.

To Top